Alangkah Indahnya Negri Ini

Posted by Damar Iradat Wednesday 21 April 2010 0 komentar

Gue mulai nulis lagi. Setelah kemarin malem gue nonton film buatan Deddy Mizwar yang judulnya "Alangkah Lucunya (negri ini)" gue jadi tergelitik buat nulis ini. Ya, negri ini memang lucu kalo kita pikir-pikir terlalu banyak kasus yang masih tersimpan, masih banyak anak-anak penerus bangsa ini yang masih terlantar. Kalo dalam film bang Deddy Mizwar disana terlihat jelas bagaimana kehidupan masyarakat miskin Indonesia. Lucunya negri ini, disamping gedung-gedung bertingkat yang menjulang ada sebuah kampung yang didiami oleh masyarakat pinggiran.


Kalau kita benar-benar memperhatikan film itu terlihat jelas bagaimana kerasnya hidup di negri kita yang tercinta ini, bayangin aja anak-anak jalanan lebih milih jadi pencopet ketimbang pendidikan di sekolah.

Di negri ini masih banyak sekali korban-korban koruptor, bagaimana tidak, seorang nenek yang mengambil 3 biji kakao dipenjara selama 1,5 tahun sedangkan para koruptor, mereka mencuri duit rakyat, membikin rakyat menderita, dan mereka? Mereka hidup dengan bebas! Keadilan macam apa yang ada di negri ini? Apa mereka yang mempunyai uang yang berkuasa? Apa para koruptor dapat dengan mudahnya mengatur kasus-kasus dan menyuap para petinggi-petinggi jaksa?

Dalam film itu gue terkesan waktu para pencopet itu sedang menaikan bendera Merah Putih dan menyanyikan lagu Indonesia Raya, pada bait terakhir ketika mereka menyanyikan "Hiduplah Indonesia Raya!" Tiba-tiba seorang anak pencopet tiba-tiba berteriak "Amin!" gue bener-bener terkesan di bagian itu, para pencopet itu menginginkan Indonesia yang lebih baik.

Buat para oknum-oknum koruptor, sadarkah wahai kalian berapa banyak rakyat miskin yang kalian terlantarkan? Berapa banyak kesempatan untuk anak-anak jalanan mendapat pendidikan yang layak tapi kalian pakai uang tersebut? Berapa banyak lagi korban "kejahatan" yang kalian siksa? Berapa banyak lagi uang yang akan kalian berikan untuk anak dan istri kalian, padahal itu uang haram?

Di ending film terserbut, Pemuda yang membuat para anak jalanan itu menjadi ke jalan yang lebih baik akhirnya ditangkap. Dalam kehidupan nyata, mereka yang menjunjung kebenaran mereka yang kalah, mereka yang benar adalah mereka yang salah!

Mudah-mudahan dengan tulisan gue ini kita dapet belajar, semoga kita nanti yang menjadi penerus-penerus bangsa ini bisa memperbaiki kehidupan bangsa ini, memperbaiki moral bangsa ini yang jatuh, dan memperbaiki kualitas bangsa Indonesia! MERDEKA!

0 Responses so far.

Post a Comment